Kompas.com - 10/10/2013, 17:07 WIB
|
EditorJosephus Primus
KOMPAS.com - Di sela-sela Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ASEAN di Bandar Seri Begawan, ibu kota Brunei Darussalam, Menteri Luar Negeri  (Menlu) Filipina Albert del Rosario dan Menlu AS John Kerry menghelat konferensi pers. Sebagaimana warta APpada Kamis (10/10/2013), isi acara itu adalah penundaaan lawatan Kerry ke Filipina. Menurut agenda, lawatan selama dua hari itu dimulai besok, Jumat (11/10/2013).


Sementara, menurut Perempuan Wakil Juru Bicara Kepresidenan Filipina Abigail Valte penundaan ini adalah keputusan tiba-tiba. "Ada 'topan'besar yang menurut perkiraan akan melanda Filipina alasannya,"kata Valte.

"Keduanya sepakat untuk menjadwal ulang kunjungan tersebut sebelum akhir tahun ini,"kata Valte.

"Kami memahamai dan mencari waktu kunjungan mendatang,"kata Valte dalam pernyataan tertulis.

Kendati demikian, tak ada pernyataan soal nama topan yang bakal melanda Filipina itu.

Perjalanan Kerry ke Manila sejatinya menggantikan Presiden Barack Obama yang membatalkan perjalanan ke Asia. Obama lebih memilih tinggal di AS lantaran masalah shutdown belum tuntas. Termasuk yang belum tuntas pula adalah kata sepakat dengan Kongres soal batas utang negara.  

Sebenarnya, Filipina adalah negara terakhir dalam lawatan Obama ke Asia. Sebelumnya, Obama batal berkunjung ke Indonesia, Brunei Darussalam, dan Malaysia.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.