Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Video Tampilkan Pejuang Hezbollah Eksekusi Pemberontak Suriah

Kompas.com - 10/10/2013, 15:53 WIB
DAMASKUS, KOMPAS.com — Dari sebuah video yang diunggah ke internet terlihat anggota milisi Hezbollah Lebanon mengeksekusi sejumlah anggota pemberontak yang terluka dan tertangkap saat pasukan Suriah dan Hezbollah merebut kota Qusayr pada Juni lalu.

Dalam pertempuran Qusayr inilah untuk pertama kali dan secara resmi Hezbollah mengumumkan keterlibatannya dalam konflik Suriah. Saat itu, pemimpin Hezbollah Hassan Nasrallah menegaskan tidak akan membiarkan pemberontak merebut kota di perbatasan Lebanon itu.

Video ini dikhawatirkan akan meningkatkan ketegangan di Lebanon antara kelompok Hezbollah yang Syiah dan kelompok Sunni yang mendukung pemberontak Suriah.

Warratan Lebanon Lokman Sleem mengatakan, video tersebut menjadi bukti keterlibatan Hezbollah di Suriah.

"Namun, keterlibatan Hezbollah itu bukan atas nama Allah, tetapi atas nama Iran dan kepentingannya," ujar Lokman.

Suriah, lanjut Lokman, adalah tempat strategis bagi kucuran bantuan militer dari Iran untuk Hezbollah. Karena itu, Hezbollah tak ingin jalur pasokan senjata itu jatuh ke tangan pemberontak Suriah.

Namun, analis politik Lebanon, Kassem Kassir, mendukung intervensi Hezbollah di Suriah.

"Hezbollah mencegah agar dampak perang tidak sampai ke Lebanon dan Hezbollah mendukung rakyat Suriah memerangi kelompok-kelompok ekstremis," ujar Kassir.

Kassir menambahkan, video eksekusi itu juga tak bisa dikonfirmasi kebenarannya dan Nasrallah mengatakan untuk menghormati aturan perang.

Pernyataan Kassir ini dibantah Lokman Sleem yang mengatakan belum lama ini para pejuang Hezbollah bahkan menjual sepatu milik pemberontak Suriah yang tewas dalam pertempuran.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Al Arabiya
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com