Kompas.com - 09/10/2013, 21:33 WIB
EditorErvan Hardoko
MOSKWA, KOMPAS.com — Aparat penyidik Rusia, Rabu (9/10/2013), mengatakan, ke-30 aktivis Greenpeace yang sudah didakwa melakukan pembajakan terkait aksi protes mereka di Laut Arktik akan menghadapi dakwaan tambahan.

Komite Investigasi Rusia yang bermarkas di Moskwa mengatakan, aparat keamanan menemukan "substansi narkotika" di dalam kapal berbendera Belanda Arctic Sunrise yang kini ditahan Rusia.

"Menurut hasil pemeriksaan, sejumlah individu akan didakwa melakukan kejahatan berat lainnya," demikian Komite Investigasi.

"Dalam penggeledahan di atas kapal, kami menemukan substansi narkotika, diduga adalah poppy straw dan morfin. Asal dari substansi ini dan penggunaannya sudah diketahui," tambah Komite.

Poppy straw biasa digunakan dalam proses produksi opium. Sementara itu, morfin yang bisa digunakan sebagai penghilang rasa sakit, menurut undang-undang Rusia harus disimpan sebagai bagian dari obat-obatan.

Sejauh ini, juru bicara Greenpeace Aaron Gray-Block belum bersedia berkomentar soal tudingan aparat keamanan Rusia ini. Namun sebelumnya, Greenpeace mengatakan kapal Arctic Sunrise juga membawa persediaan obat-obatan.

Bulan lalu, aparat keamanan Rusia menahan kapal dan seluruh kru kapal yang berasal dari 18 negara termasuk AS dan Inggris. Penahanan dilakukan setelah sejumlah aktivis Greenpeace mencoba memanjat pengeboran minyak milik Gazprom di Laut Barents.

Setelah ditahan, pekan lalu ke-28 aktivis Greenpeace dan dua orang wartawan itu dijerat tuduhan melakukan pembajakan. Sebuah dakwaan yang bisa berujung pada hukuman penjara maksimal 15 tahun.


Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.