Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Obama Undang Kongres ke Gedung Putih Bicarakan Isu "Shutdown"

Kompas.com - 09/10/2013, 20:14 WIB
WASHINGTON DC, KOMPAS.com - Presiden AS Barack Obama, Rabu (9/10/2013), mengundang para politisi Republik dan Demokrat di Kongres ke Gedung Putih untuk mendiskusikan cara mengakhiri "shutdown" dan meningkatkan pagu utang AS.

Seorang pejabat Gedung Putih mengatakan Obama akan mulai bertemu dengan politisi Demokrat yang merupakan minoritas di Kongres.

"Politisi Republik di Kongres dan semua anggota Senat akan diundang berdiskusi dalam beberapa hari mendatang," demikian penjelasan pejabat yang tak mau disebutkan namanya.

Pertemuan itu digelar di saat pemerintahan Obama semakin mendekati batas waktu pembayaran utang pemerintah pada 17 Oktober.

Jika Kongres gagal menyepakati kenaikan pagu utang, maka AS terancam gagal membayar kewajiban-kewajibannya untuk pertama kali dalam sejarah.

Selain itu, kegagalan AS membayar kewajibannya bisa berdampak buruk terhadap perekonomian global.

Sementara itu, sudah delapan hari sebagian operasi pemerintah federal AS terhenti setelah Kongres tak mencairkan anggaran untuk tahun fiskal 2014 yang dimulai pada 1 Oktober lalu.

Obama sendiri menolak untuk menegosiasikan masalah anggaran hingga Kongres sepakat menaikkan pagu utang dan pemerintah bisa beroperasi kembali.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Sumber
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com