Kompas.com - 09/10/2013, 20:14 WIB
EditorErvan Hardoko
WASHINGTON DC, KOMPAS.com - Presiden AS Barack Obama, Rabu (9/10/2013), mengundang para politisi Republik dan Demokrat di Kongres ke Gedung Putih untuk mendiskusikan cara mengakhiri "shutdown" dan meningkatkan pagu utang AS.

Seorang pejabat Gedung Putih mengatakan Obama akan mulai bertemu dengan politisi Demokrat yang merupakan minoritas di Kongres.

"Politisi Republik di Kongres dan semua anggota Senat akan diundang berdiskusi dalam beberapa hari mendatang," demikian penjelasan pejabat yang tak mau disebutkan namanya.

Pertemuan itu digelar di saat pemerintahan Obama semakin mendekati batas waktu pembayaran utang pemerintah pada 17 Oktober.

Jika Kongres gagal menyepakati kenaikan pagu utang, maka AS terancam gagal membayar kewajiban-kewajibannya untuk pertama kali dalam sejarah.

Selain itu, kegagalan AS membayar kewajibannya bisa berdampak buruk terhadap perekonomian global.

Sementara itu, sudah delapan hari sebagian operasi pemerintah federal AS terhenti setelah Kongres tak mencairkan anggaran untuk tahun fiskal 2014 yang dimulai pada 1 Oktober lalu.

Obama sendiri menolak untuk menegosiasikan masalah anggaran hingga Kongres sepakat menaikkan pagu utang dan pemerintah bisa beroperasi kembali.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.