Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Korban Kolera Haiti Tuntut Ganti Rugi ke PBB

Kompas.com - 09/10/2013, 17:56 WIB

PORT AU PRINCE, KOMPAS,com - Warga Haiti, korban wabah kolera, mengajukan tuntutan ganti rugi miliaran dolar kepada PBB di pengadilan New York, Rabu(9/10/2013).

Para kuasa hukum yang mewakili keluarga lebih dari 8.000 orang yang meninggal serta ratusan ribu lainnya yang tertular, mengatakan penjaga perdamaian PBB yang menulari kolera di Haiti akhir tahun 2010.

PBB mengatakan organisasi dunia ini memiliki kekebalan atas penuntutan.

Penyelidikan menunjukkan adanya kebocoran selokan di kamp tentara PBB dari Nepal, sebagai sumber wabah kolera.

Pengajuan tuntutan itu dilakukan setelah PBB menyatakan tidak akan membayar ganti rugi ratusan juta dolar yang diklaim para korban kolera di Haiti.

Wabah ini menewaskan lebih dari 8.300 orang dan lebih dari 650.000 lainnya tertular sejak Oktober 2010.

Panel independen PBB

Tahun lalu, sekretaris jendral PBB Ban Ki-moon meluncurkan program senilai 2,2 miliar dolar AS untuk memberantas kolera di Haiti dalam 10 tahun mendatang.

"Penuntut termasuk warga Haiti dan warga Amerika keturunan Haiti yang terkena kolera serta keluarga yang meninggal akibat wabah ini," kata Insitut Keadilan dan Demokrasi di Haiti dalam satu pernyataan.

Tidak ada rincian lebih lanjut tentang jumlah ganti rugi yang dituntut para korban.

Panel independen yang ditunjuk sekjen PBB Ban Ki-moon untuk meneliti wabah ini mengeluarkan laporan tahun 2011. Laporan itu tidak menyebutkan penyebab wabah kolera.

Namun badan Pengawasan Pencegahan dan Pengawasan Penyakit AS menemukan bukti bahwa pasukan penjaga perdamaian dari Nepal yang merupakan sumber kolera.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com