Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Muhammad Mursi Akan Diadili pada 4 November

Kompas.com - 09/10/2013, 17:27 WIB
KAIRO, KOMPAS.com — Sebuah pengadilan di Kairo, Mesir, Rabu (9/10/2013), menjadwalkan sidang mantan presiden Muhammad Mursi dan para tokoh senior Ikhwanul Muslimin akan digelar pada 4 November 2013.

Hakim Nabil Saleeb mengatakan, Muhammad Mursi dan para tokoh Ikhwanul Muslimin dijerat dakwaan memicu pembunuhan dan penyiksaan para pengunjuk rasa di depan Istana Presiden.

Muhammad Mursi digulingkan militer Mesir pada 3 Juli lalu, menyusul aksi unjuk rasa besar-besaran warga Mesir yang menuntut agar Mursi lengser dari jabatannya.

Setelah digulingkan, Mursi ditahan di lokasi yang dirahasiakan, tetapi diyakini dia ditahan bersama dengan para tokoh senior Ikhwanul Muslimin.

Seusai pelengseran Mursi, sejumlah kota besar di Mesir kerap dilanda aksi unjuk rasa yang tak jarang berujung pada pertumpahan darah.

Puncaknya terjadi saat pasukan keamanan Mesir membubarkan dua kelompok besar pendukung Muhammad Mursi yang sejak 3 Juli berkumpul dan tinggal di dua lapangan besar di kota Kairo.

Dalam insiden yang kemudian dikenal sebagai "Rabu Berdarah" itu, lebih dari 600 orang tewas dan 4.000 orang lainnya terluka.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Reuters
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com