Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pemandu Acara "Fox News" Tertipu Berita Palsu

Kompas.com - 08/10/2013, 10:21 WIB
KOMPAS.com — Pemandu acara dialog Fox News, Anna Kooiman, tertipu sebuah berita palsu yang mengatakan bahwa Presiden Obama menggunakan uangnya sendiri agar sebuah museum yang didedikasikan untuk budaya Muslim tetap buka selama pemerintah federal berhenti beroperasi (government shutdown).

Pemerintah federal telah berhenti beroperasi sejak Selasa (1/10/2013) karena kubu Republiken dan Demokrat di DPR dan Senat AS tidak mencapai kata sepakat soal alokasi anggaran untuk program Obamacare. Kooiman yang merupakan co-host program Fox and Friends Saturday menyesalkan penutupan World War II Memorial, yang Kooiman katakan "tampaknya tidak adil terutama" karena "Presiden Obama telah menawarkan untuk mengeluarkan uang dari sakunya sendiri bagi museum budaya Muslim."

Laporan palsu berasal dari National Report, sebuah situs berita parodi. Dalam berita itu disebutkan, Obama telah mengatakan kepada wartawan pada awal pekan ini bahwa penutupan operasi pemerintahan merupakan "waktu yang tepat untuk belajar tentang iman Islam."

Kooiman belakangan mengakui kesalahannya dan meminta maaf. Lewat akun Twitter-nya, @annakooiman, dia mengatakan, "Just met w producers- I made a mistake yday after receiving flawed research abt a museum possibly closing. My apologies. Won't happen again."

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com