Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Berlian Putih Termahal Terjual dalam Lelang di Hongkong

Kompas.com - 07/10/2013, 22:43 WIB
HONG KONG, KOMPAS.com — Sebuah berlian putih seberat 118,28 karat memecahkan rekor dunia, Senin (7/10/2013), dalam sebuah lelang yang hanya berlangsung enam menit di Hongkong.

Berlian yang cemerlang itu terjual kepada seorang pembeli yang tak disebutkan namanya, dalam lelang yang digelar Sotheby's dengan harga 30,6 juta dollar AS atau sekitar Rp 335,8 miliar.

"Kami sangat terkejut," kata Quek Chin Yeow, wakil ketua Sotheby's Asia, kepada wartawan seusai lelang.

Manajemen Sotheby's hanya menyebut si pembeli sebagai seorang kolektor pribadi.

Berlian berbentuk telur digambarkan sebagai yang terbaik dari berlian sejenisnya. Awalnya berlian ini ditaksir berharga antara 28-35 juta dollar AS.

Berlian yang disebut sebagai "Berlian Oval yang Luar Biasa" ini ditemukan di sebuah tambang di sebuah negara di wilayah selatan Afrika pada 2011.

Sebelum diolah, berlian itu awalnya memiliki berat 299 karat. Oleh Institut Geologi Amerika, berlian itu disebut sebagai berlian dengan kualitas tertinggi.

Sotheby's menyebut berlian ini sebagai berlian berwarna D terbesar. Kategori ini sangat langka dan biasanya memiliki harga yang sangat mahal.

Harga berlian ini mengalahkan rekor penjualan berlian dalam lelang tahun lalu, saat sebuah berlian seberat 101,73 karat terjual dengan harga 26,7 juta dollar AS.

Sementara itu, Quek menambahkan, penjualan berlian termahal di dunia ini membuat kawasan selatan China mulai menjadi pusat pelelangan kelas dunia.

Hongkong, lanjut Quek, telah menjadi pusat lelang perhiasan sejak perekonomian China berkembang pesat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com