Kompas.com - 07/10/2013, 19:30 WIB
|
EditorJosephus Primus
KOMPAS.com — Pengadilan Spanyol mendakwa enam perompak Somalia hukuman penjara rata-rata 23 tahun. Para perompak itu menyerang sebuah kapal Spanyol setahun silam.

Menurut warta AP pada Senin (7/10/2013), pengadilan nasional Spanyol juga menetapkan dakwaan kepemilikan senjata. "Mereka juga terkena dakwaan menjadi bagian dari organisasi kriminal," kata pihak pengadilan di Madrid.

Catatan pengadilan menunjukkan, para terdakwa ditangkap pada Januari 2012. Waktu itu mereka berupaya merompak kapal Patino. "Kuat dugaan mereka salah merompak. Maksud hati merompak kapal barang ternyata mereka merompak kapal perang," kata pernyataan Kementerian Pertahanan Spanyol.

Dalam sesi pertama persidangan, para terdakwa ini mengaku cuma nelayan. "Kami mencari bantuan," kata mereka.

Patino, kapal perang Spanyol itu, mendapat tugas dari Uni Eropa untuk memerangi perompakan di Samudera Hindia. Sebagaimana diketahui, para perompak di kawasan itu kebanyakan warga Somalia.


Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.