Kompas.com - 07/10/2013, 12:56 WIB
|
EditorJosephus Primus
KOMPAS.com — Pemusnahan senjata kimia Suriah makin cepat terwujud. Paling tidak, hal itu berangkat dari makin banyaknya pakar senjata kimia global yang datang bergabung dengan tim pakar PBB ke Suriah.

Catatan AP pada Senin (7/10/2013) menunjukkan, sudah ada tambahan 14 pakar yang datang. Pada minggu sebelumnya, sudah ada 33 pakar dari Rusia, AS, Inggris, Ceko, Uzbekistan, China, Kanada, Belanda, dan Tunisia. Rencananya, dalam tiga minggu ke depan, jumlah pakar mencapai 100 orang.

Kemarin, para pakar yang tergabung dalam Organisasi Pelarangan Senjata Kimia (OPCW) di bawah PBB mulai membongkar senjata-senjata kimia Suriah.

Pekan lalu, OPCW menyetujui rencana yang diprakarsai Amerika Serikat-Rusia untuk memusnahkan senjata kimia di Suriah. Sementara, Dewan Keamanan PBB dengan suara bulat menyetujui satu resolusi yang mendukung rencana tersebut.

Pengamat senjata kimia mengatakan dalam satu pernyataan bahwa pihaknya telah sepakat mengenai akselerasi program untuk mencapai penghapusan lengkap senjata kimia Suriah pada pertengahan 2014.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.