Kompas.com - 05/10/2013, 21:11 WIB
|
EditorJosephus Primus
KOMPAS.com - Polisi Kenya merilis investigasi termutakhirnya pada Sabtu (5/10/2013). "Kami menyelidiki rekaman kamera pengintai di Westgate,"kata Kepala Kepolisian Nairobi David Kimaiyo dalam wawancara dengan Televisi KTN.

Menurut pihaknya, terang Kimaiyo, jumlah penyerang paling "banter"alias paling banyak enam orang. "Jadi tidak 15 orang seperti pernyataan awal saat mal diserang,"kata Kimaiyo sembari menyebutkan kalau jumlah korban tewas ada 67 orang.

Catatan polisi juga menunjukkan para penyerang itu tak satu pun yang berniat meninggalkan mal saat menyerang. "Lantaran itulah, mereka tewas semua dalam baku tembak dengan aparat pemerintah,"kata Kimaiyo.

Tak ada perempuan

Al Arabiya/Daily Mirror Samantha Lewthwaite alias Si Janda Putih adalah perempuan Inggris yang diduga memimpin seranan maut ke mal Westgate, Nairobi, Kenya. Dia adalah istri pelaku bom bunuh diri di London 7 Juli 2005.

Polisi dalam datanya mengatakan serangan pada 21 September 2013 itu berlangsung 80 jam ke depan. Banyak saksi mata yang menggambarkan insiden penyerangan tiba-tiba itu. Mal dalam keadaan ramai lantaran hari itu adalah Sabtu. Biasanya, lebih banyak warga memang berjalan-jalan pada hari itu di mal.

POlisi juga mengatakan dari sekitar enam orang penyerang, cuma empat yang membawa senjata AK-47. "Penyerang lainnya di CCTV itu membawa granat,"kata Kimaiyo.

Kimaiyo melanjutkan kalau para penyerang berjenis kelamin laki-laki. Sebelumnya, ada dugaan kalau salah satu penyerang adalah Si Janda Putih, Samantha Lewthwaite. "Dia bukan bagian dari penyerang. Jadi tidak ada perempuan di dalam kelompok penyerang Mal Westgate,"demikian David Kimaiyo.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.