Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Di Queensland, Ratusan Pasien Tewas karena Kesalahan Rumah Sakit

Kompas.com - 05/10/2013, 05:35 WIB
Harry Bhaskara

Penulis

BRISBANE, KOMPAS.com — Ratusan pasien meninggal karena kesalahan sistem di beberapa rumah sakit di Queensland sepanjang tahun fiskal 2012/2013. Di antara 241 insiden yang terungkap, ditemukan pasien meninggal karena salah diagnosis atau kesalahan pemberian obat.

Dikutip dari surat kabar Brisbane Times, Rabu (2/10/2013), ditemukan juga bahwa dalam persalinan, kelahiran bayi "meminta" 10 nyawa ibu-ibu. Angka yang dimuat dalam laporan tahunan 2012/2013 itu dikeluarkan oleh Pemerhati Komisi Pengaduan Kesehatan Queensland.

Laporan ini juga mencatat, 13 orang telah salah menjalani operasi, atau bahkan dioperasi di tempat yang salah sehingga menyebabkan kematian atau cedera serius. Lalu, di dalam tubuh 12 orang kedapatan peralatan operasi yang tertinggal sehingga mengharuskan operasi pengambilan alat itu.

Dari laporan tersebut, didapatkan pula data 12 orang bunuh diri selama menjalani perawatan di rumah sakit. Sementara pasien penyakit jiwa yang bunuh diri sepanjang tahun fiskal itu tercatat mencapai 56 orang. Selebihnya, 130 orang diketahui meninggal karena sebab-sebab yang tak diantisipasi dari proses pengobatan pasien.

Di Australia, laporan-laporan tindakan yang menyebabkan kematian atau luka parah selalu diikuti dengan investigasi. Meski demikian, laporan tahunan tersebut juga mencatat tidak semua kejadian kematian di rumah sakit terjadi karena kesalahan rumah sakit.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com