Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Belanda Gugat Rusia soal Kapal Greenpeace

Kompas.com - 05/10/2013, 03:12 WIB
Pieter P Gero

Penulis

AMSTERDAM, KOMPAS.com — Kementerian Luar Negeri Belanda akan mengajukan gugatan ke pengadilan internasional untuk bisa mendapatkan kembali kapal Arctic Sunrise. Kapal milik kelompok pencinta lingkungan Greenpeace ini disita Pemerintah Rusia, bulan lalu.

Kantor berita AP, Jumat (4/10/2013), mengungkapkan, kapal Arctic Sunrise disita Rusia setelah 30 awak kapal dan simpatisan Greenpeace menduduki sebuah anjungan minyak lepas pantai milik Pemerintah Rusia di Laut Arctic.  Aksi mereka ini menurut penyidik Rusia dinilai sebagai aksi perompakan atas properti milik Rusia.

Menteri Luar Negeri Belanda Frans Timmermans, Jumat, menegaskan dia akan mengajukan gugatan ke Pengadilan Internasional menyangkut Hukum Laut. Pengadilan ini bermarkas di Hamburg, Jerman. Dia juga akan mengupayakan pembebasan 30 awak kapal Arctic Sunrise melalui jalur diplomatik.

Sementara di Rusia, para awak dan simpatisan Greenpeace tengah menghadapi tuduhan perompakan dan terancam hukuman penjara yang cukup lama di Rusia. Kapal penjaga Pantai Rusia menahan kapal Greenpeace ini setelah pada 18 September 2013 para awak kapal Greenpeace menduduki anjungan minyak  raksasa milik Rusia Gazprom, yang juga merupakan perusahaan pemerintah Rusia.

Para awak ini kini ditahan di kota pelabuhan Murmansk, Rusia utara. Kelompok pencinta lingkungan internasional Greenpeace bermarkas di Amsterdam, Belanda. Kelompok tersebut menolak tuduhan mereka telah melakukan kesalahan, dan menilai tuduhan perompak itu tak masuk akal.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com