Kompas.com - 04/10/2013, 09:59 WIB
Penulis Sandro Gatra
|
EditorErvan Hardoko

JAKARTA, KOMPAS.com — Presiden Amerika Serikat Barack Obama memastikan tidak hadir dalam Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Forum Kerja Sama Ekonomi Asia Pasifik (APEC) ke-8 di Nusa Dua, Bali. Kepastian itu disampaikan Obama langsung kepada Presiden Susilo Bambang Yudhoyono melalui telepon, Jumat (4/10/2013).

Staf Khusus Presiden Bidang Hubungan Internasional Teuku Faizasyah mengatakan, dalam pembicaraan telepon pukul 08.15 WIB, Obama menyesali tidak dapat menghadiri KTT APEC lantaran masih berlangsungnya pembahasan anggaran nasional AS.

Sehubungan dengan pembatalan kunjungan ini, Presiden Obama telah menunjuk Menteri Luar Negeri John Kerry untuk mewakilinya di KTT APEC, kata Faizasyah dalam siaran pers.

"Presiden SBY dapat memaklumi ketidakhadiran Obama dalam APEC karena beliau mengikuti perkembangan situasi di dalam negeri Amerika Serikat dewasa ini," kata Faizasyah.

Sebelumnya, Obama lebih dulu memutuskan untuk membatalkan rencana kunjungan ke Malaysia dan Filipina terkait krisis di AS. Namun, beberapa hari lalu Obama masih diharapkan hadir dalam KTT APEC di Bali. Para pejabat senior Pemerintah AS menekankan pentingnya Presiden Obama untuk tetap berangkat ke pertemuan puncak APEC.

Kisruh anggaran AS berakhir dengan penutupan sebagian aktivitas Pemerintah AS untuk pertama kali dalam 17 tahun terakhir. Saat menghadapi masalah serupa, Presiden AS Bill Clinton pernah membatalkan kunjungan ke KTT APEC di Osaka, Jepang, pada tahun 1995.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.