Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Naiki Anjungan Minyak Rusia, 30 Aktivis Greenpeace Didakwa sebagai Perompak

Kompas.com - 04/10/2013, 05:18 WIB
Pieter P Gero

Penulis

MOSKWA, KOMPAS.com — Penyidik Rusia, Kamis (3/10/2013), menyatakan, tuduhan sebagai perompak mereka kenakan kepada 30 awak kapal Arctic Sunrise milik kelompok pencinta lingkungan Greenpeace. Tuduhan itu dikenakan menyusul aksi para aktivis menaiki anjungan minyak milik Pemerintah Rusia.

"Seluruh awak Greenpeace dikenakan tuduhan terlibat kriminal karena menyerang dan menduduki anjungan minyak Prirazlomnaya," ujar komite penyelidik Rusia dalam pernyataannya sebagaimana dikutip kantor berita AFP.

Pengadilan di Murmansk, kota di belahan utara Rusia, pekan lalu menahan seluruh anggota Greenpeace selama dua bulan untuk keperluan penyidikan. Tindakan ini dilakukan atas aksi mereka menduduki anjungan minyak milik perusahaan minyak raksasa negara Rusia, Gazprom, pada 18 September 2013.

Pengenaan tuduhan dibacakan bertahap. Pada Rabu (2/10/2013), dakwaan itu dikenakan kepada 14 aktivis Greenpeace yang sudah ditahan. Selebihnya dikenakan dakwaan itu pada Kamis (3/10/2013). Kelompok terorganisasi di Rusia itu terancam hukuman penjara 10 sampai 15 tahun karena dakwaan perompakan.

Para awak Greenpeace yang berasal dari 18 negara tersebut dituding mengambil sejumlah perkakas dari anjungan minyak itu. Di antara para aktivis, turut hadir dua wartawan lepas dari Inggris dan Rusia yang merekam seluruh aktivitas mereka. Atas dakwaan ini, seluruh aktivis menolak semua tuduhan sekaligus menolak bersaksi di pengadilan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com