Kompas.com - 03/10/2013, 10:25 WIB
EditorErvan Hardoko
ATHENA, KOMPAS.com - Pemimpin partai Golden Dawn yang beraliran Neo-Nazi Nikos Michaloliakos, Kamis (3/10/2013), ditahan untuk menunggu sidang lanjutan setelah menjalani mendengarkan kesaksian panjang di pengadilan.

Michaloliakos dituduh mengelola sebuah organisasi kriminal, dalam upaya pembubaran partai ini setelah simpatisannya membunuh seorang musisi anti-fasis pada 18 September lalu.

Sejumlah media lokal mengabarkan pengadilan selanjutnya memutuskan seorang pemimpin Golden Dawn setempat yang terlibat dalam pembunuhan Pavlos Fyssas, sang musisi,  juga harus ditahan.

Pada Rabu (2/10), empat orang anggota parlemen dari Golden Dawn didakwa menjadi anggota organisasi kriminal, dalam sebuah pengadilan perdana terhadap pada anggota Neo-Nazi di Yunani.

Namun, tiga dari empat orang itu kemudian dibebaskan dengan jaminan dan hanya satu orang yang ditahan untuk menanti proses sidang selanjutnya.

Satu orang yang ditahan ini disebabkan polisi menemukan bukti bahwa yang bersangkutan pernah berbicara dengan anggota geng yang membunuh Fyssas.

Pembebasan bersyarat tiga politisi Golden Dawn itu dianggap mengejutkan karena beratnya dakwaan yang dijatuhkan kepada mereka. Para petinggi pengadilan kemudian menegaskan pembebasan itu bukan berarti dakwaan terhadap ketiganya juga dibatalkan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.