Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Al Shabab Masih Culik 36 Warga Sipil RD Kongo

Kompas.com - 02/10/2013, 19:55 WIB
Josephus Primus

Penulis

KOMPAS.com - Kelompok teroris Al Shabab masih menculik 36 warga sipil di Republik Demokratik (RD) Kongo. Menurut warta AP pada Rabu (2/10/2013), para sandera kini berada di Beni, kawasan timur RD Kongo.
TONY KARUMBA / AFP Pasukan keamanan Kenya berlindung di balik tembok untuk menghindari tembakan dari kelompok militan yang menduduki pusat perbelanjaan Westgate, Nairobi.

Catatan kepolisian RD Kongo menunjukkan kalau para sandera diculik sejak Minggu (29/9/2013). Al Shabab selama ini memerangi negara-negara Afrika yang ikut ambil bagian dalam apa yang mereka sebut sebagai kekisruhan di Somalia.

Sementara itu, pemimpin komunitas warga sipil di RD Kongo Thomas Mwiti mengatakan pihaknya terus memantau perkembangan kasus penculikan ini. "Al Shabab melancarkan kekerasan dan penculikan di Beni,"katanya.

Di RD Kongo, militer negeri itu bersama dengan Misi PBB untuk Stabilisasi RD Kongo memang terus melancarkan tekanan kepada kelompok pemberontak. Kelompok ini kebanyakan masuk dalam grup Al Shabab asal Somalia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com