Al Shabab Masih Culik 36 Warga Sipil RD Kongo

Kompas.com - 02/10/2013, 19:55 WIB
 
KOMPAS.com - Kelompok teroris Al Shabab masih menculik 36 warga sipil di Republik Demokratik (RD) Kongo. Menurut warta AP pada Rabu (2/10/2013), para sandera kini berada di Beni, kawasan timur RD Kongo.
TONY KARUMBA / AFP Pasukan keamanan Kenya berlindung di balik tembok untuk menghindari tembakan dari kelompok militan yang menduduki pusat perbelanjaan Westgate, Nairobi.

Catatan kepolisian RD Kongo menunjukkan kalau para sandera diculik sejak Minggu (29/9/2013). Al Shabab selama ini memerangi negara-negara Afrika yang ikut ambil bagian dalam apa yang mereka sebut sebagai kekisruhan di Somalia.

Sementara itu, pemimpin komunitas warga sipil di RD Kongo Thomas Mwiti mengatakan pihaknya terus memantau perkembangan kasus penculikan ini. "Al Shabab melancarkan kekerasan dan penculikan di Beni,"katanya.

Di RD Kongo, militer negeri itu bersama dengan Misi PBB untuk Stabilisasi RD Kongo memang terus melancarkan tekanan kepada kelompok pemberontak. Kelompok ini kebanyakan masuk dalam grup Al Shabab asal Somalia.



EditorJosephus Primus

Close Ads X