Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Keterhubungan Antaranggota Memudahkan Program Integrasi Perdagangan APEC

Kompas.com - 02/10/2013, 19:52 WIB
Josephus Primus

Penulis

KOMPAS.com - Keterhubungan antaranggota akan memudahkan terwujudnya program integrasi perdagangan Kerja Sama Ekonomi Asia Pasifik (APEC) ke depan. Hal tersebut menjadi butir penting pembicaraan Dewan Kerja Sama Bisnis APEC (ABAC) yang diselenggarakan di Bali hari ini, Rabu (2/10/2013). Adalah Ketua ABAC Wisnu Wardhana yang mengatakan hal tersebut.

Menurut Wisnu Wardhana keterhubungan itu juga akan membangkitkan semangat pelaku usaha kecil dan menengah (UKM) di kawasan itu untuk makin berpartisipasi. "Jangan lupa sektor swasta dengan dukungan sistem keuangan kuat juga diharapkan memberi kontribusi untuk pembangunan infrastruktur di APEC,"katanya sebagaimana warta AP.

Harapan yang juga muncul dalam ABAC adalah optimisme Indonesia bisa menjadi pusat perdagangan di kawasan APEC. Kekuatan Indonesia ada pada kualitas produk ekspor. Indonesia pun mampu makin baik dalam sistem ekspor.

Catatan dari Harian Kompas menunjukkan potensi ekonomi 21 anggota APEC nyata-nyata memang berfaedah. Sampai kini, 56,4 persen dari 58 triliun dollar AS produk domestik bruto (PDB) berasal dari para anggota APEC. Indonesia, termasuk pendiri APEC. Ikhwal keberadaan APEC memang mampu memangkas hambatan ekspor impor hingga 60 persen.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com