Kompas.com - 02/10/2013, 17:44 WIB
|
EditorJosephus Primus
KOMPAS.com — Partai Demokratik Kurdistan (KDP) memenangi pemilihan umum di wilayah otonomi Kurdistan, Irak. Informasi ini diwartakan AP pada Rabu (2/10/2013) yang merilis data dari Komisi Tinggi Independen Pemilihan Umum Irak (IHEC).

KDP di bawah kepemimpinan Masoud Barzani unggul 38 kursi dari 111 total kursi parlemen. Pemilihan umum itu sendiri terselenggara pada 21 September 2013 di tiga provinsi regional di Kurdistan, yakni Arbil, Sulaimaniyah, dan Duhuk.

Sementara itu, oposan KDP, Partai Goran, memenangi 24 kursi. Selanjutnya, Partai Persatuan Patriotik Kurdi (PUK) pimpinan Presiden Irak Jalal Talabani sukses merebut 18 kursi.

Selanjutnya, berturut-turut di posisi makin ke bawah adalah Partai Persatuan Islam Kurdistan dengan 10 kursi. Paling bontot adalah Kelompok Islamis yang mendapat kemenangan enam kursi.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.