Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

AS-Korsel Teken Perjanijan Persekutuan Militer Baru

Kompas.com - 02/10/2013, 12:35 WIB
SEOUL, KOMPAS.com - Amerika Serikat dan Korea Selatan, Rabu (2/10/2013), menandatangani kerja sama militer baru terkait strategi untuk mengatasi ancaman nuklir Korea Utara.

Rencana operasional ini menjelaskan sebuah "kerangka kerja strategis" antara militer kedua negara dalam menghadapi skenario ancaman nuklir Korea Utara, baik saat ini maupun di masa perang.

Rencana itu ditandatangani Menteri Pertahanan AS Chuck Hagel yang kembali menegaskan komitmen AS untuk menggunakan semua kemampuan militernya untuk memberikan perlindungan yang kredibel dan bertahan lama untuk Korea Selatan.

Dalam jumpa pers usai penandatanganan kerja sama itu, Hagel menegaskan rencana strategis yang disepakati kedua negara itu mencakup seluruh ancaman senjata pemusnah massal Korea Utara, termasuk senjata kimia.

Seharusnya Korea Selatan mengambil alih komando operasional perang pada 2015, namun negeri itu meminta transisi itu ditunda akibat terus meningkatnya ancaman nuklir Korea Utara.

Dengan kesepakatan ini maka jika terjadi perang dengan Korea Utara, maka komandan militer AS yang akan memimpin sebanyak 28.000 pasukan AS di negeri itu bersama sekitar 640.000 pasukan Korea Selatan.

Berdasarkan data Kementerian Pertahanan Korea Selatan, Pyongyang memiliki 5.000 ton persenjatan kimia. Ditambah dengan kemungkinan adanya bom nuklir maka ancaman terhadap Korea Selatan semakin bertambah.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com