Kompas.com - 02/10/2013, 12:35 WIB
EditorErvan Hardoko
SEOUL, KOMPAS.com - Amerika Serikat dan Korea Selatan, Rabu (2/10/2013), menandatangani kerja sama militer baru terkait strategi untuk mengatasi ancaman nuklir Korea Utara.

Rencana operasional ini menjelaskan sebuah "kerangka kerja strategis" antara militer kedua negara dalam menghadapi skenario ancaman nuklir Korea Utara, baik saat ini maupun di masa perang.

Rencana itu ditandatangani Menteri Pertahanan AS Chuck Hagel yang kembali menegaskan komitmen AS untuk menggunakan semua kemampuan militernya untuk memberikan perlindungan yang kredibel dan bertahan lama untuk Korea Selatan.

Dalam jumpa pers usai penandatanganan kerja sama itu, Hagel menegaskan rencana strategis yang disepakati kedua negara itu mencakup seluruh ancaman senjata pemusnah massal Korea Utara, termasuk senjata kimia.

Seharusnya Korea Selatan mengambil alih komando operasional perang pada 2015, namun negeri itu meminta transisi itu ditunda akibat terus meningkatnya ancaman nuklir Korea Utara.

Dengan kesepakatan ini maka jika terjadi perang dengan Korea Utara, maka komandan militer AS yang akan memimpin sebanyak 28.000 pasukan AS di negeri itu bersama sekitar 640.000 pasukan Korea Selatan.

Berdasarkan data Kementerian Pertahanan Korea Selatan, Pyongyang memiliki 5.000 ton persenjatan kimia. Ditambah dengan kemungkinan adanya bom nuklir maka ancaman terhadap Korea Selatan semakin bertambah.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.