Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

FAO: Satu dari Delapan Orang di Dunia Kelaparan

Kompas.com - 01/10/2013, 15:46 WIB
MILAN, KOMPAS.com - Satu dari delapan orang di dunia mengalami kelaparan parah. Demikian laporan Badan Pangan Dunia (FAO), Selasa (1/10/20130), sekaligus memperingatkan para pemimpin dunia sebagian wilayah dunia akan gagal menurunkan angka kelaparan ini pada 2015.

Dalam laporan terakhirnya terkait ketahanan pangan, FAO memperkirakan 842 juta orang mengalami kelaparan kronis pada 2011-2013 atau sekitar 12 persen dari total penduduk dunia. Jumlah penderita kelaparan di seluruh dunia ini turun 17 persen dari 1990-1992.

Angka baru ini lebih rendah dari estimasi terakhir yaitu 868 juta orang pada 2010-2012 dan 1,02 miliar orang pada 2009. Meski menunjukkan tren menurun, namun upaya untuk mencapai target millenium development goal (MDG) yaitu menurunkan angka kelaparan hingga separuhnya pada 2015 akan sulit tercapai.

Penyebabnya adalah, banyak negara yang belum mencapai tujuan yang diadopsi para pemimpin dunia di PBB pada 2000.

"Negara-negara itu adalah yang mengalami konflik selama dua dekade terakhir memiliki peluang terbesar mengalami kemunduran dalam penurunan angka kelaparan," demikian laporan FAO.

"Negara-negara tak berpantai menghadapi tantangan besar untuk mengakses pasar dunia, sementara negara-negara dengan infrastruktur buruk dan institusi lemah menghadapi masalah tambahan," lanjut laporan tersebut.

Menurut kriteria FAO, Program Pangan Dunia (WFP) dan Dana Internasional untuk Pembangunan Pangan (IFAD), kelaparan adalah kondisi di saat masyarakat tidak memiliki cukup makanan untuk kehidupan yang sehat dan aktif.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Reuters
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com