Kompas.com - 01/10/2013, 12:32 WIB
EditorErvan Hardoko
WASHINGTON DC, KOMPAS.com - Presiden AS Barack Obama, Selasa (1/10/2013) dini hari waktu AS, lewat sebuah pesan video mengimbau pasukan AS yang sedang bertugas untuk tidak khawatir karena mereka tetap akan menerima gaji tepat waktu.

"Sayang sekali, kongres tidak menjalankan tanggung jawabnya, karena gagal mencairkan anggaran," kata Obama dalam pesan yang disiarkan dalam jaringan Penyiaran Angkatan Bersenjata.

Pernyataan Obama ini disampaikan terkait dengan penghentian operasional pemerintah federal AS setelah Kongres tidak mencairkan anggaran hingga batas waktu yang ditentukan.

"Bagi Anda yang bekerja dalam kondisi yang berbahaya, kami akan memastikan bahwa Anda mendapatkan semua yang Anda butuhkan untuk menjalankan misi," lanjut Obama.

Meski demikian, Obama mengingatkan, agar pasukan AS yang tengah bertugas saat ini bersiap untuk berbagai kondisi darurat.

"Ancaman terhadap negara kita belum berubah, maka Anda harus siap untuk segala kemungkinan," tambah Obama.

Meski menjanjikan gaji tepat waktu untuk para prajurit, Obama mengingatkan, sebagian  kontraktor sipil untuk saat ini harus rela bekerja tanpa dibayar.

"Saya memahami beberapa hari ke depan berarti ketidakpastian, termasuk kemungkinan dirumahkan," ujar Obama.

"Anda dan keluarga Anda layak mendapatkan yang lebih baik ketimbang disfungsi yang kita lihat di Kongres," tambah Obama.

Di penghujung pesannya, Obama berjanji akan bekerja keras agar pemerintah bisa bekerja kembali sesegera mungkin.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.