Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tim Penghancur Senjata Kimia PBB Tiba di Suriah

Kompas.com - 01/10/2013, 10:45 WIB
DAMASKUS, KOMPAS.com - Sebuah tim perlucutan senjata dijadwalkan tiba di Damaskus, Selasa (1/10/2013), dalam misi pengancuran senjata kimia Suriah.

Tim ini datang sehari setelah para pakar PBB menyelesaikan investigasi terkait dugaan penggunaan senjata kimia dalam perang saudara Suriah.

Tim yang terdiri dari 20 orang pengawas dari Organisasi untuk Pelarangan Senjata Kimia (OPCW) yang bermarkas di Den Haag, Belanda bertugas untuk menjalankan resolusi PBB yang memerintahkan penghancuran senjata kimia Suriah.

Operasi untuk menyingkirkan semua persenjataan kimia Suriah yang dijadwalkan selesai pada pertengahan 2014 merupakan sebuah operasi terbesar dan paling berbahaya.

Persediaan senjata kimia Suriah diyakini terdiri atas lebih dari 1.000 ton sarin, gas mustar, dan bahan-bahan kimia terlarang lainnya yang disimpan di 45 lokasi di seluruh penjuru Suriah.

Tim OPCW ini sudah sampai di Beirut, Lebanon pada Senin (30/9/2013) sebelum menyeberang ke Suriah lewat jalan darat. Penerbangan ke Damaskus tidak dilakukan karena jalan utama yang menghubungkan Damaskus dan bandara merupakan lokasi pertempuran.

Awal bulan ini, tim penyelidik mengirimkan hasil penyelidikan sementara yang memastikan penggunaan gas sarin dalam serangan kimia pada 21 Agustus 2013 di pinggiran kota Damaskus.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com