Kompas.com - 01/10/2013, 10:45 WIB
EditorErvan Hardoko
DAMASKUS, KOMPAS.com - Sebuah tim perlucutan senjata dijadwalkan tiba di Damaskus, Selasa (1/10/2013), dalam misi pengancuran senjata kimia Suriah.

Tim ini datang sehari setelah para pakar PBB menyelesaikan investigasi terkait dugaan penggunaan senjata kimia dalam perang saudara Suriah.

Tim yang terdiri dari 20 orang pengawas dari Organisasi untuk Pelarangan Senjata Kimia (OPCW) yang bermarkas di Den Haag, Belanda bertugas untuk menjalankan resolusi PBB yang memerintahkan penghancuran senjata kimia Suriah.

Operasi untuk menyingkirkan semua persenjataan kimia Suriah yang dijadwalkan selesai pada pertengahan 2014 merupakan sebuah operasi terbesar dan paling berbahaya.

Persediaan senjata kimia Suriah diyakini terdiri atas lebih dari 1.000 ton sarin, gas mustar, dan bahan-bahan kimia terlarang lainnya yang disimpan di 45 lokasi di seluruh penjuru Suriah.

Tim OPCW ini sudah sampai di Beirut, Lebanon pada Senin (30/9/2013) sebelum menyeberang ke Suriah lewat jalan darat. Penerbangan ke Damaskus tidak dilakukan karena jalan utama yang menghubungkan Damaskus dan bandara merupakan lokasi pertempuran.

Awal bulan ini, tim penyelidik mengirimkan hasil penyelidikan sementara yang memastikan penggunaan gas sarin dalam serangan kimia pada 21 Agustus 2013 di pinggiran kota Damaskus.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Sumber
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.