Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pemerintah Venezuela Usir Tiga Diplomat AS

Kompas.com - 01/10/2013, 08:21 WIB

CARACAS, KOMPAS.com — Pemerintah Venezuela mengusir tiga diplomat AS yang mereka tuduh merencanakan sabotase ekonomi. Presiden Venezuela Nicolas Maduro mengumumkan pengusiran itu dalam satu upacara resmi di kota Santa Anna.

"Keluar dari Venezuela! Yankees pulang! Cukup pelecehan terhadap martabat bangsa yang cinta damai ini," katanya.

Presiden Maduro menambahkan, para diplomat AS itu memiliki waktu 48 jam untuk meninggalkan Caracas dan pulang ke negaranya.

Maduro mengatakan, ia memiliki bukti bahwa trio diplomat ini ikut berperan dalam sabotase listrik pada bulan September dan telah menyuap sebuah perusahaan Venezuela untuk mengurangi produksi.

Para diplomat yang diusir ini disebut bernama Kelly Keiderling—diplomat AS paling senior di Caracas, Elizabeth Hunderland, dan David Mutt.

Hubungan antara kedua negara memburuk selama lebih dari satu dekade. Selama bertahun-tahun, almarhum Presiden Hugo Chavez mengecam "imperialisme Amerika" di Amerika Latin.

Amerika Serikat dan Venezuela sebelumnya tidak saling menempatkan duta besar di ibu kota masing-masing sejak 2010.

Desember 2010, Presiden Chavez menolak memberikan visa bagi Duta Besar AS untuk Caracas, Larry Palmer, karena pernyataannya yang terkait dengan keterlibatan Pemerintah Venezuela dan pemberontak di Kolombia.

Buruknya hubungan dengan AS ini membuat Venezuela menghadapi kekurangan beberapa barang, termasuk tisu toilet, gula, dan tepung. Pihak oposisi menyalahkan kebijakan dan retorika sayap kiri Maduro atas krisis yang mereka hadapi ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com