Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Korsel Masih Gunakan Bahan Baku Indonesia

Kompas.com - 30/09/2013, 22:15 WIB
Josephus Primus

Penulis

KOMPAS.com - Produk impor yang masuk ke Indonesia ternyata masih ada yang menggunakan bahan baku asal Indonesia. Di tengah pelemahan rupiah seperti ini, kenyataan soal bahan baku asal Indonesia memberi inspirasi untuk membangun industri di Tanah Air. "Iya, memang bahan baku ada yang berasal dari Indonesia," kata Sales & Marketing Director SOHO Global Medika Obed Fuk Liang pada Senin (30/9/2013).

Dalam kesempatan itu, Obed hadir dalam peresmian gerai ruang pamer SOHO di kawasan Cempaka Putih, Jakarta Pusat.

Lebih lanjut, Obed menjelaskan, pihaknya memang tengah mengembangkan bisnis alat kesehatan di Indonesia. Sampai sekarang, pihaknya mengimpor alat kesehatan dari China. Beberapa alat tersebut berfungsi sebagai alat ultrasonografi (USG) dan perangsang elektronik untuk otot betis.

Terkait dengan pelemahan rupiah terhadap dollar AS, Obed mengatakan hal ini memang berdampak bagi industri dan distribusi alat kesehatan. Makanya, sejak saat ini pihaknya melakukan pencadangan barang hingga evaluasi harga.

Hal yang juga menurut Obed penting adalah memulai merintis industri baru untuk produk-produk yang awalnya impor. Menurut Obed, butuh sekitar tiga hingga lima tahun untuk mewujudkan hal itu.

Namun, langkah pertama yang bisa dilakukan adalah menyiapkan sejenis perakitan untuk kemudian sampai pada maksimalisasi kandungan lokal produk tertentu.

Satu contoh yang dipaparkan Obed adalah produk untuk penyembuhan luka bernama Wundres. Selama ini, terangnya, pihaknya mengimpor produk tersebut dari Korea Selatan. Kendati begitu, dilihat dari bahan dasarnya, produk tersebut menggunakan karet. "Kan bahan dasar ini banyak di Indonesia," demikian Obed Fuk Liang. 

Josephus Primus Menurut Sales & Marketing Director SOHO Global Medika Obed Fuk Liang pelemahan rupiah terhadap dollar AS sejatinya menjadi inspirasi untuk menghasilkan produk-produk dari dalam negeri ketimbang impor. Termasuk di sini adalah alat-alat kesehatan. Apalagi, bahan dasar alat kesehatan juga ada yang berasal dari Indonesia.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com