Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lukisan Sosok Napoleon yang Hilang Ditemukan

Kompas.com - 30/09/2013, 13:51 WIB

LONDON, KOMPAS.com — Lukisan sosok Napoleon karya asli pelukis ternama Perancis, Jacques-Louis David, yang selama ini diduga telah hilang ditemukan kembali oleh seorang peneliti di University of Reading, Inggris.

Lukisan yang pada awalnya hanya dikira replika ini pada tahun 2005 dibeli seharga 15.000 poundsterling atau sekitar Rp 277 juta oleh seorang kolektor lukisan pribadi.

Sementara karya David terakhir kali dijual seharga 2,14 juta poundsterling atau Rp 40 miliar pada 2006.

Lukisan yang sebelumnya diyakini telah hilang ini menggambarkan Napoleon pada tahun 1813 ketika Inggris dan Prusia mengancam untuk menyerang Perancis.

Kolektor pertamanya yang tercatat adalah keluarga Borthwick-Norton di Borthwick Castle, di sebelah selatan Skotlandia. Lukisan ini kemudian diwariskan kepada keturunan keluarga tersebut, Eva Sardinia Borthwick-Norton, yang kemudian menghadiahkannya kepada Royal Scottish Academy.

"Tidak diketahui bagaimana lukisan itu bisa sampai di Skotlandia, tetapi Perancis dan Skotlandia memiliki aliansi kuno melawan musuh bersama—Inggris. Jadi kehadiran di Skotlandia mungkin lebih banyak merupakan bukti dari kekaguman terhadap Kaisar Perancis ini," kata Dr Lee, seorang sejarawan senior dari University of Reading.

"Dilukis dengan menggunakan seragam lengkap Garda Nasional, Napoleon mempromosikan dirinya sebagai pelindung dan pembela bangsa pada saat Perancis berada di bawah ancaman besar," tambah Lee.

Menurut Dr Lee, lukisan itu bertujuan membina patriotisme, tetapi pesan itu tidak pernah mencapai khalayak luas karena invasi sekutu yang membuat lukisan tersebut tidak bisa diedarkan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com