Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dihantam Topan, 74 Nelayan China Hilang

Kompas.com - 30/09/2013, 13:42 WIB
BEIJING, KOMPAS.com - Sebanyak 74 orang hilang setelah tiga buah kapal nelayan China tenggelam dihantam topan di Laut China Selatan. Demikian media pemerintah China mengabarkan, Senin (30/9/2013).

Ketiga kapal itu terjebak dalam gelombang yang tinggi akibat terjangan topan Wutip, yang mengarah ke bagian tengah Vietnam.

Ketiga kapal yang mengangkut 88 orang nelayan, tenggelam saat mencoba menghindari badai yang terjadi di dekat Kepulauan Paracel, sekitar 330 kilometer sebelah selatan pesisir China.

Hingga Senin tengah hari, tim penyelamat berhasil menemukan 14 korban selamat. Sebuah upaya penyelamatan besar-besaran diluncurkan untuk menemukan nelayan yang lain.

Pemerintah China mengirimkan 10 kapal, termasuk tiga kapal perang dan enam pesawat udara untuk mencari korban.

"Presiden Xi Jinping memerintahkan upaya penyelamatan besar-besaran, meminta pemerintah lokal untuk melakukan yang terbaik untuk menemukan korban hilang dan meminimalkan korban jiwa," demikian kabar dari Xinhua.

Sementara itu, otorita maritim China pada Minggu (29/9/2013), meningkatkan peringatan bahaya sapuan topan ke level oranye, yaitu level kedua dari empat level bahaya topan.

Angin topan ini kemungkinan besar akan menghantam provinsi Guangdong, Hainan, dan Guangxi. Demikian Xinhua mengutip Pusat Prakiraan Cuaca Kelautan Nasional.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com