Kompas.com - 29/09/2013, 09:34 WIB
EditorErvan Hardoko
NAIROBI, KOMPAS.com - Sejumlah sumber di kalangan keamanan Kenya, Sabtu (28/9/2013), mengatakan sejumlah pihak, termasuk Israel, sudah memperingatkan Kenya terkait kemungkinan serangan di Nairobi. Namun peringatan itu diabaikan.

Para menteri kabinet dan panglima angkatan darat Kenya sebenarnya sudah mendapat informasi soal kemungkinan serangan itu.

"Israel sudah memperingatkan adanya ancaman serangan terhadap kepentingan bisnisnya di Kenya. Tapi tidak ada tindakan apapun untuk menangani informasi itu," kata sumber itu.

Harian terbitan Kenya The Nation menulis, Israel yang memiliki kerja sama keamanan dengan Kenya, telah memperingatkan rencana penyerangan properti milik Israel.

Pusat perbelanjaan Westgate, yang menjadi langganan para orang kaya Kenya dan warga asing, sebagian sahamnya dimiliki Israel ini, sudah dianggap menjadi target potensial.

"Kedubes Israel di Nairobi sudah menyampaikan kekhawarirannya Iran dan Hezbollah sudah melakukan operasi intelijen terkait kepentingan Israel di seluruh dunia termasuk Kenya," demikian The Nation.

Soal kabar ini, salah seorang pejabat keamanan mengatakan semua laporan yang diterima pemerintah Kenya tidak ditanggapi serius saat itu.

"Ketika laporan seperti ini masuk, maka laporan ini akan dibagikan ke semua aparat yang berwenang. Namun laporan itu tidak ditanggapi serius," kata pejabat itu.

"Kami harus mengambil pelajaran dari tragedi ini dan mulai menganggap serius semua laporan," ujar pejabat yang tak ingin disebutkan namanya itu.


Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.