Kompas.com - 29/09/2013, 02:26 WIB
EditorErvan Hardoko
ATHENA, KOMPAS.com - Polisi Yunani, Sabtu (28/9/2013), menangkap ketua, puluhan anggota senior, dan anggota parlemen dari partai sayap kanan Golden Dawn.

Penangkapan dilakukan setelah pembunuhan penyanyi rap anti-rasialisme oleh seorang anggota partai ini yang kemudian memicu kemarahan dan protes di seluruh Yunani.

Para petinggi partai Golden Dawan itu  antara lain pemimpin partai Nikolaus Mihaloliakos, juru bicara partai Ilias Kasidiaris, dan tiga anggota parlemen dituduh mendanai dan terlibat dalam sebuah organisasi kriminal.

"Tak ada yang bisa menakuti kami," kata Kasidiaris saat digiring polisi bersenjata lengkap yang mengenakan penutup wajah.

Para petinggi partai yang ditangkap ini kemudian dibawa ke kantor kejaksaan. Mereka akan didakwa terkait sejumlah bukti yang mengkaitkan partai ini dengan sejumlah aksi kekerasan, termasuk penikaman penyanyi rap pada 17 September dan pembunuhan seorang imigran tahun lalu.

Serangkaian penangkapan ini adalah salah satu tindakan pemerintah yang paling keras terhadap partai politik di Yunani sejak tumbangnya diktator militer pada 1974.

Penangkapan ini merupakan kemunduran paling luar biasa yang dialami Golden Dawn sejak bisa memasuki parlemen setelah mengusung agenda anti-imigran tahun lalu.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber Reuters
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.