Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pria Muslim Kenya Selamatkan Satu Keluarga di Mal Westgate

Kompas.com - 27/09/2013, 18:51 WIB
NAIROBI, KOMPAS.com — Seorang warga Muslim Kenya menjadi seorang pahlawan setelah dia menyelamatkan seorang ibu dan tiga putrinya yang terjebak di pusat perbelanjaan Westgate yang diserbu teroris.

Ibu itu, Katherine Walton, sudah pasrah dirinya dan ketiga putrinya akan tewas di dalam Mal Westgate setelah terjebak di bawah sebuah meja di luar sebuah toko di dalam mal tersebut.

Namun, mereka kemudian diselamatkan oleh Abdul Haji, putra mantan menteri keamanan Kenya, yang dengan berani menyelamatkan mereka sambil menembaki teroris dengan pistolnya.

Identitas Haji terungkap setelah aksi heroiknya menyelamatkan Portia, salah seorang putri Katherine Walton, terekam kamera wartawan.

Katherine, yang pindah ke Kenya bersama suaminya dua tahun lalu, terjebak dalam baku tembak saat mengajak anak-anaknya berjalan-jalan di mal Westgate.

"Kami berencana bertemu dengan dua anak laki-laki saya di dalam supermarket saat terdengar ledakan," kata Katherine (38).

"Saya lalu memegang ketiga putri saya dan berlari. Lalu seorang perempuan menarik kami ke belakang semua meja toko. Saya bisa melihat peluru menghantam tembok dan mendengar teriakan di mana-mana," kenang Katherine.

Katherine dan ketiga putrinya terjebak, bersama seorang perempuan Kenya dan dua perempuan India selama beberapa jam di bawah meja itu.

Para perempuan itu bahkan membantu Katherine menenangkan anak-anaknya yang menangis ketakutan.

Setelah beberapa jam yang serasa selamanya itu, Katherine melihat sosok seorang pria menenteng sepucuk pistol menembak ke arah para teroris.

Pria itu adalah Abdul Haji, yang oleh ayahnya dilatih menggunakan senjata. Dia dengan tenang membujuk para perempuan dan anak-anak itu untuk bergerak ke arahnya.

Saat para perempuan itu takut bergerak bersama-sama, justru Portia (4) yang berdiri dan berlari ke arah Haji. Adegan inilah kemudian yang terekam kamera wartawan.

Singkat cerita, Haji berhasil menyelamatkan para perempuan itu dan kedua anak-anak yang masih tersisa.

"Saya berutang kepada Haji atas keselamatan kami," kata Katherine.

Meski telah dianggap pahlawan, Haji justru menilai aksinya itu adalah sebuah perbuatan yang wajar.

"Saya kira, semua orang Kenya dalam situasi itu akan melakukan hal yang saya lakukan untuk menyelamatkan nyawa orang lain, tak peduli kebangsaan, agama, atau kepercayaannya," kata Haji.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Sumber Daily Mail
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com