Kompas.com - 27/09/2013, 17:32 WIB
|
EditorJosephus Primus
KOMPAS.com - Perdana Menteri (PM) Thailand Yingluck Shinawatra akan mengunjungi wilayah banjir di sekitar Bangkok, Sabtu (28/9/2013). Informasi ini diperoleh laman Bangkok Post hari ini dari Juru Bicara Pemerintah Theerat Ratanasewi.

Menurut rencana, PM Yingluck akan bertandang ke wilayah yang masih terendam banjir di Pathum Thani. "Setelah itu, PM Yingluck kembali ke Bangkok untuk rapat parlemen,"kata Ratanasewi.

Sementara pada Minggu (29/9/2013), PM Yingluck berkunjung ke timur Provinsi Prachin Buri, timur laut Provinsi Si Sa Ket, dan Ubon Ratchatchani. Air bah masih merendam seluruh wilayah itu.  

Pada 2011, banjir nyaris menenggelamkan Thailand Utara, Timur Laut, dan Pusat. Korban tewas dalam bencana itu ada 500 orang.

Data

Menurut Departemen Meteorologi Thailand 23 provinsi masih berpotensi terendam banjir hingga seminggu ke depan. Pemicu banjir adalah perubahan iklim yang mengakibatkan  hujan deras berkepanjangan sejak dua minggu silam.

Sementara, Departemen Mitigasi dan Pencegahan Bencana Thailand mencatat 191 distrik pada 29 provinsi terendam air bah sejak Selasa (17/9/2013).

Kemudian, total ada sekitar 2 juta warga Thailand yang terkena dampak banjir bandang itu. Sementara, 6.900 rumah dan 450.000 hektare lahan pertanian rusak. Data departemen itu juga menunjukkan kalau 2.310 jalan dan 145 jembatan juga rusak.

Kendati begitu, departemen tersebut mengatakan kalau banjir sudah surut di lima provinsi yakni  Prachuap Khiri Khan, Chumphon, Kanchanaburi, Kalasin and Nakhon
Ratchasima.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.