Kompas.com - 27/09/2013, 15:56 WIB
EditorErvan Hardoko
NEW YORK, KOMPAS.com — Untuk kali pertama sejak Revolusi Islam Iran pada 1979, para pejabat tinggi Amerika Serikat dan Iran bertemu langsung dan menggelar sebuah pembicaraan resmi.

Menlu AS John Kerry dan Menlu Iran Mohammad Javad Zarif bertemu di markas PBB New York, Kamis (26/9/2013) waktu setempat.

Seusai pertemuan itu, John Kerry mengatakan kepada wartawan bahwa dia merasa senang dengan hasil positif yang diperoleh dalam pembicaraan terkait program nuklir Iran itu.

"Memang, satu pertemuan dan suasana positif belum akan menjawab semua pertanyaan. Selain itu, masih banyak pekerjaan yang harus diselesaikan," ujar Kerry.

Dalam pertemuan itu, Menlu Zarif kembali menekankan bahwa penyelesaian masalah program nuklir perlu diskusi berkelanjutan.

"Sanksi yang dijatuhkan justru kontraproduktif dan harus dicabut, jika kita ingin terus maju," kata Zarif.

Presiden Iran Hassan Rohani tak ketinggalan memberikan komentar terkait pertemuan itu. Rohani mengatakan, Iran memiliki komitmen untuk bernegosiasi dengan niat baik.

"Kami sudah siap untuk menjalankan proses ini menuju sebuah penyelesaian yang disepakati bersama dan dilakukan dengan niat baik," ujar Rohani.

Berbicara di hadapan komunitas Asia dan dewan hubungan luar negeri, tak lama setelah para menlu menggelar pembicaraan di markas besar PBB, Rohani berharap langkah-langkah positif akan mengikuti sejarah yang telah diukir.

"Kami berharap langkah positif yang sudah diambil bisa menjadi landasan kuat untuk membantu kami melanjutkan perundingan," kata Rohani.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber ,AP
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.