Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Iran Desak Israel Serahkan Program Nuklir ke Dunia Internasional

Kompas.com - 26/09/2013, 21:37 WIB
NEW YORK, KOMPAS.com - Presiden Iran Hassan Rohani, Kamis (26/9/2013), meminta agar Israel menyerahkan program nuklirnya di bawah pengawasan internasional.

Pernyataan Rohani ini disampaikan menjelang pertemuan menlu Iran dan negara-negara Barat terkait perselisihan program nuklir Iran.

"Israel, adalah satu-satunya negara yang tidak menandatangani perjanjian non-proliferasi di Timur Tengah. Israel seharusnya segera bergabung tanpa perlu menunda lagi," kata Rohani.

Rohani menambahkan, semua aktivitas nuklir Timur Tengah nantinya akan menjadi tanggung jawab Badan Energi Atom Internasional (IAEA).

Iran saat ini masih berselisih paham dengan IAEA yang menganggap negeri itu belum memberikan bukti definitif terkait klaim Iran bahwa program nuklir negeri itu adalah murni untuk tujuan damai.

"Tak satu negarapun bisa memiliki senjata nuklir, karena tak ada tangan yang tepat untuk mengendalikannya," ujar Rohani.

Sementara itu, kepada harian The Washington Post, Rohani mengatakan dia menginginkan sebuah kesepakatan cepat untuk mengakhiri tuduhan Barat bahwa Iran berencana membuat senjata nuklir.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com