Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apartemen Sederhana Kanselir Jerman Diminati Turis

Kompas.com - 26/09/2013, 00:59 WIB
Pieter P Gero

Penulis

BERLIN, KOMPAS.com — Sukses Kanselir Jerman Angela Merkel terpilih kembali untuk memimpin pemerintahan Jerman membuat apartemen sederhana yang pernah disewa Merkel di Berlin timur menjadi incaran kunjungan para turis. Merkel tinggal di apartemen tersebut selama kekuasaan komunis di Jerman Timur sebelum Jerman bersatu.

Kantor berita AFP hari Rabu (25/9/2013) melaporkan, bekas apartemen Merkel seluas 55 meter persegi ini bisa disewakan dengan tarif 55 euro atau Rp 750.000 per malam bagi turis yang ingin merasakan gaya hidup sederhana Merkel. "Hidup seperti Angela Merkel (dulu)," demikian iklan memperlihatkan gambar apartemen dua kamar di kawasan Prenzlauer Berg, Berlin, sebagaimana dipajang pada situs penginapan Airbnb.

Merkel kembali terpilih menjadi Kanselir Jerman untuk periode ketiga dalam pemilu yang digelar Minggu (22/9/2013). Dia tinggal di apartemen tersebut antara 1986 sampai 1990. Ketika tinggal di sana, menurut Harian Bild, Merkel adalah mahasiswi program doktoral.

Gambar yang dimuat di Bild memperlihatkan lampu dan sirkulasi udara dari apartemen berlantai papan dengan plafon dan jendela tinggi menghadap taman yang asri. Claudia Winter, seperti dikutip Bild, mengatakan, Merkel sangat ramah sebagai tetangga dan suka membantu.

Merkel menjadi terkenal saat dia pergi ke sauna pada malam saat Tembok Berlin ambruk pada November 1989. Pergi ke sauna adalah hal rutin yang dia lakukan setiap Kamis malam, tetapi satu malam itu menjadi sejarah bagi dirinya.

Apartemennya di Schoenhauser Allee hanya beberapa meter dari pintu pelintasan utama di Tembok Berlin, dulu menjadi penghubung antara Berlin Timur yang dikuasai Komunis dan Berlin Barat yang dikuasai Sekutu. Pintu perlintasan terbuka sampai malam.

Ketika keluar dari sauna, Merkel pergi minum bir dengan seorang teman. Ketika meninggalkan bar, mereka terjebak arus manusia yang bergerak ke arah Berlin Barat. Merkel memilih mengikuti arus itu.

Setelah Jerman bersatu pada 1990, Merkel bergabung ke partai konservatif Christian Democratic Union (CDU) dan memenangkan kursi parlemen di bekas Jerman Timur. Di era kepemimpinan Kanselir Helmut Kohl, Merkel dipromosikan menjadi Menteri Urusan Perempuan dan Pemuda, dan dia pun pindah ke Berlin.

Sejak menjadi kanselir, Merkel (59), dikenal tetap tinggal di pusat Berlin. Meskipun tentu saja di apartemen yang berbeda, tapi tempat tinggalnya sekarang ada di bekas wilayah Jerman Timur. Sementara apartemennya yang lama sudah jadi salah satu tujuan para turis.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com