Kompas.com - 25/09/2013, 18:14 WIB
EditorErvan Hardoko
KAIRO, KOMPAS.com -Pemerintah Mesir terus melakukan pemberangusan terhadap segala sesuatu yang berhubungan dengan Ikhwanul Muslimin.

Pada Rabu (25/9/2013), giliran markas harian milik Partai Kebebasan dan Keadilan -sayap politik Ikhwanul Muslimin- di Kairo yang ditutup pemerintah dukungan militer.

"Kami para jurnalis harian Kebebasan dan Keadilan, mengecam langkah aparat keamanan menutup kantor pusat harian ini," demikian pernyataan Ikhwanul Muslimin melalui akun Facebook-nya.

Sepanjang Selasa (24/9/2013) malam, polisi menerobos masuk ke kantor pusat harian itu dan mengangkut semua barang di dalamnya. Langkah ini menyusul keputusan pengadilan yang melarang kegiatan Ikhwanul dan membekukan semua asetnya.

Harian yang diberi nama seperti sayap politik Ikhwanul Muslimin itu, selama ini terus menentang apa yang menurut mereka adalah kudeta yang menggulingkan sebuah pemerintahan yagn terpilih secara demokratis.

Akibat penutupan kantornya ini, maka sekitar 50 orang jurnalis terpaksa bekerja di. bawah tanah untuk menghindari penangkapan.

Setelah beberapa dekade diberangus, Ikhwanul Muslimin kembali tampil di panggung politik Mesir setelah Hosni Mubarak digulingkan lewat revolusi rakyat pada 2011.

Ikhwanul kemudian memenangkan pemilihan parlemen dan bahkan berhasil menempatkan Muhammad Mursi di kursi presiden.

Namun, kejayaan Ikhwanul Muslimin hanya terjadi sesaat. Setelah berkuasa selama satu tahun, Mursi digulingkan militer setelah sebelumnya rakyat Mesir turun ke jalan menuntut agar Mursi meninggalkan jabatannya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber Reuters


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.