Kompas.com - 25/09/2013, 14:55 WIB
|
EditorJosephus Primus
KOMPAS.com - Pemerintah Filipina memastikan kehidupan di Zamboanga kembali normal. "Meski aparat militer masih melakukan operasi melawan pemberontak MNLF yang tersisa,"Juru Bicara Kepresidenan Filipina Edwin Lacierda mengemukakan hal itu hari ini.

Menurut warta AP, Lacierda membeberkan beberapa data soal kisruh di Zamboanga itu. Ada sedikitnya 149 sekolah dasar dan menengah yang menjadi lokasi pengungsian. "Angka itu berarti 60 persen dari total sekolah dasar dan menengah di Zamboanga,"katanya.

Dari segi transportasi, kata Lacierda, perjalanan  pergi pulang kapal-kapal penumpang dari Kota Zamboanga ke Tawi-tawi sudah dibuka kembali. Sebelumnya, rute itu tutup selama 16 hari. "Mal juga sudah beroperasi kembali,"imbuh Edwin Lacierda.

Catatan pemerintah menunjukkan sekitar 130 orang tewas dalam operasi pembebasan sandera dan pertempuran antara MNLF versus tentara Filipina. "Dari jumlah itu, 100 di antaranya adalah pemberontak MNLF,"kata Lacierda.


  

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.