Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Korban Tewas Gempa Pakistan Sudah 93 Orang

Kompas.com - 25/09/2013, 09:01 WIB
Palupi Annisa Auliani

Penulis

ISLAMABAD, KOMPAS.com — Korban tewas dari gempa berkekuatan 7,7 skala Richter di Pakistan, Selasa (24/9/2013), sudah mencapai sekurangnya 93 orang. Gempa tersebut mengguncang Provinsi Balochistan, Pakistan barat daya, Selasa sore.

Mengutip juru bicara polisi Perbatasan, media setempat melaporkan Kabupaten Awaran di provinsi itu paling terdampak gempa. Di kabupaten tersebut, 80 orang tewas dan lebih dari 200 orang cedera, dengan ratusan rumah rata.

Beberapa orang diperkirakan masih tertimbun reruntuhan bangunan. Tim penolong dan militer masih terus melakukan pertolongan.

Masih dari laporan yang sama, delapan orang juga disebutkan tewas di Dandan, Kabupaten Kech. Sementara lima korban tewas dilaporkan dari Kabupaten Pasini, Turbat, Hub, dan Gwadar. Namun, kepastian jumlah korban jiwa masih simpang siur.

Wakil Ketua Majelis Provinsi Balochistan Abdul Qadoos Bazinjo mengatakan, lebih dari 150 orang tewas di provinsi itu, seperti dikutip Xinhua. Namun, beberapa pejabat lain tidak mengonfirmasi pernyataan tersebut.

Korban cedera dibawa ke rumah sakit lokal Awaran, tempat beberapa di antara mereka berada dalam keadaan kritis. Juru bicara pemerintah setempat mengatakan, tentara telah mengeluarkan 70 mayat dan membawa puluhan orang yang cedera ke rumah sakit di Awaran.

Setelah permintaan dari pemerintah kabupaten, militer Pakistan mengirim 300 prajurit termasuk personel penolong dan dokter serta obat, tenda, makanan, dan helikopter ke daerah itu.    Hubungan Masyarakat Antar-Layanan (ISPR), corong militer Pakistan, mengatakan, mereka telah mendirikan kamp pusat pertolongan di Kabupaten Khuzdar di provinsi tersebut.

Militer juga menyatakan telah mengirim 300 personel ke lokasi bencana dan 700 personel lain akan menyusul pada Rabu (25/9/2013). Sementara itu, Lembaga Penanganan Bencana Nasional di negeri tersebut mengungkapkan, setelah gempa besar yang terjadi sekitar pukul 16.59 waktu setempat, lima gempa susulan menggetarkan negeri itu termasuk gempa dengan kekuatan 5,9 skala Richter.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com