Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lebanon Tampung Pengungsi Suriah, Ini Hitungan Beban Ekonominya...

Kompas.com - 25/09/2013, 06:25 WIB
Palupi Annisa Auliani

Penulis

Sumber AP
NEW YORK, KOMPAS.com — Bank Dunia membuka kajian khusus soal Lebanon terkait dampak kehadiran pengungsi Suriah di negara itu. Kajian mencakup dampak ekonomi dan sosial, termasuk kemampuan keuangan Lebanon untuk menanggung ledakan jumlah pengungsi. Kajian ini akan menjadi bahan pertemuan pada Rabu (25/9/2013) dalam sidang umum PBB di New York, Amerika Serikat.

Lebanon harus kehilangan sekian miliar dollar AS dari potensi pendapatan negara menyusul konflik Suriah. Dari konflik itu, justru pengungsi yang membanjir mengakibatkan membengkaknya alokasi layanan publik serta rentan memicu kenaikan angka pengangguran dan kemiskinan.

Presiden Bank Dunia Jim Yong Kim yang bertemu Presiden Lebanon Michel Suleiman pada Selasa (24/9/2013) menyatakan, sudah ada rencana untuk mengatasi kelebihan beban dari konflik Suriah itu. Sebagaimana Obama, dia pun berterima kasih kepada Lebanon dan berjanji akan membahas bersama masyarakat internasional untuk ikut berperan berbagi biaya krisis pengungsi.

"Kami sekarang memiliki gambaran yang jelas tentang biaya yang harus ditanggung Lebanon karena sekitar satu juta pengungsi (datang ke sana) melarikan diri dari pertempuran di Suriah," kata Kim. Diperkirakan, lanjut dia, jumlah pengungsi Suriah di Lebanon pada akhir 2013 akan mencapai 1,3 juta orang.

"Jika konflik berlanjut, mungkin ada sebanyak 1,6 juta pengungsi di Lebanon pada akhir 2014," ujar Inger Andersen, Wakil Presiden Bank Dunia untuk Timur Tengah dan Afrika Utara. Kebutuhan biaya untuk pelayanan publik juga membengkak di Lebanon seiring peningkatan mendadak populasi.

Peningkatan permintaan di Lebanon diperkirakan akan mendongkrak pengeluaran pemerintah sekitar 1,1 miliar dollar AS pada kurun 2012-2014. Padahal, penerimaan negara itu justru turun 1,5 miliar dollar AS pada rentang waktu yang sama karena penurunan kepercayaan konsumen.

Masih dari kajian Bank Dunia, 170.000 warga Lebanon akan masuk kategori miskin pada 2014, dengan pengangguran akan melonjak dua kali lipat ke kisaran 20 persen pada periode yang sama.

Diperkirakan pula, butuh sekitar 1,6 miliar dollar AS untuk menjaga kualitas jaring pengaman sosial, kesehatan, dan pendidikan di Lebanon, untuk memulihkan akses ke tingkat sebelum ada krisis Suriah. Selain itu, dibutuhkan pula tambahan investasi untuk listrik, pengolahan limbah, transportasi, dan jaringan air bersih, untuk memenuhi kebutuhan penduduk dan pengungsi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber AP
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com