Kompas.com - 24/09/2013, 19:14 WIB
EditorErvan Hardoko

MOSKWA, KOMPAS.com - Pihak berwenang Rusia menyatakan akan memeriksa sekelompok pegiat lingkungan Greenpeace atas dugaan pembajakan dengan ancaman hukuman maksimum 15 tahun penjara.

Kasus ini sedang ditangani oleh Komite Penyelidikan yang berpengaruh. Berdasarkan hukum Rusia, perompakan adalah "serangan terhadap kapal di laut atau sungai dengan tujuan merampas harta milik orang lain melalui penggunaan kekerasan atau ancaman kekerasan".

"Perlu diketahui semua orang yang terlibat dalam serangan anjungan, tanpa mempertimbangkan kewarganegaraan mereka, akan diperkarakan," kata juru bicara Komite Penyedilikan Vladimir Markin, Selasa (24/9/2013).

Sekitar 30 aktivis ditahan bersama kapal mereka, the Arctic Sunrise, pada Kamis lalu setelah dua aktivis berusaha memanjat anjungan minyak lepas pantai milik perusahaan Gazprom.

Mereka memprotes pengeboran minyak di Kutub Utara. Kapal Greenpeace kemudian digrebek pasukan Rusia yang mengenakan penutup kepala yang turun dari helikopter.

"Sekelompok orang, kemungkinan dari organisasi lingkungan Greenpeace, berlayar dengan kapal Arctic Sunrise ke anjungan lepas pantai Prirazlomnaya. Mereka berusaha menaiki anjungan. Aktivitas gelap mereka dihentikan oleh petugas perbatasan," pernyataan Komite Penyelidikan.

Tuntut akses

Kapal Arctic Sunrise sendiri kini telah ditarik menuju pelabuhan Murmansk di kawasan Arktik.

Greenpeace mengatakan kapalnya tiba di teluk dekat Murmansk dikawal kapal penyeret dan kapal pengawas pantai Rusia.

"Pengacara Greenpeace International menuntut akses 30 aktivis yang ditahan selama lebih dari empat hari tanpa bantuan hukum atau konsuler," kata Greenpeace.

Halaman Selanjutnya
Halaman:
 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.