Kompas.com - 24/09/2013, 08:24 WIB
EditorEgidius Patnistik
KOMPAS.com — Kapten kapal pesiar Costa Concordia menyebut juru mudinya, asal Indonesia, sebagai penyebab kecelakaan yang membuat kapal karam di lepas pantai Italia, Januari tahun lalu. Kapten Francesco Schettino mengatakan kepada hakim di kota Grosseto bahwa juru mudi tak mengindahkan perintahnya agar kecepatan kapal dikurangi.

"Saya ingin kapal melambat. Namun, juru mudi, Jacob Rusli Bin, tidak mengikuti perintah saya dengan benar," kata Schettino. "Ia membawa kapal ke arah yang salah dan kami menabrak (karang)," katanya.

Menurut Schettino, kecelakaan Costa Concordia disebabkan oleh kesalahan dan keterlambatan respons dari juru mudi. "Jika tidak ada keterlambatan dan kesalahan, kapal ini bisa berhenti," kata Schettino.

Ancaman 20 tahun penjara

Saksi ahli yang dihadirkan di pengadilan mengatakan, juru mudi memang tidak langsung melakukan apa yang diperintahkan kapten. Namun, keterlambatan melaksanakan perintah bukan sebagai penyebab kecelakaan.

Persidangan terhadap Schettino dilanjutkan kembali setelah reses musim panas. Ia didakwa menyebabkan orang lain meninggal. Jika dinyatakan bersalah, ia bisa dijatuhi hukuman maksimal 20 tahun penjara.

Juru mudi ini, bersama lima awak kapal lain, sudah dinyatakan bersalah. Mereka juga didakwa menyebabkan orang lain tewas dalam persidangan bulan Juli lalu. Ia dijatuhi vonis satu tahun delapan bulan.

Costa Concordia menabrak karang di dekat Kepulauan Giglio pada 13 Januari 2012. Kapal roboh dan setengah karam menyebabkan 32 orang meninggal dunia.

Kapal ini berhasil ditegakkan melalui sebuah operasi penyelamatan kapal terbesar dalam sejarah.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.