Kompas.com - 23/09/2013, 10:34 WIB
EditorEgidius Patnistik
Topan Usagi telah melanda Hongkong dan pesisir China selatan, menewaskan paling sedikit 20 orang, mengakibatkan aliran listrik terputus, serta menimbulkan banjir dan angin kencang.

Pusat Meteorologi China mengeluarkan peringatan tingkat tertinggi, dengan lebih dari 80.000 orang diungsikan ke provinsi Fujian. Pihak berwenang mengerahkan paling sedikit 50.000 petugas penolong bencana, lapor kantor berita Xinhua.

Paling sedikit 20 orang tewas di pesisir selatan China, menurut laporan televisi.

Angin berkecepatan lebih dari 180 kilometer tercatat di beberapa daerah China selatan menumbangkan pohon-pohon dan derek, serta menyapu mobil-mobil dari jalanan. Penerbangan dibatalkan ke kota-kota di Guangdong dan Fujian, sementara pelayaran ditangguhkan antara China dan Taiwan.

Hongkong diguyur hujan setelah badai melanda semalam, tetapi pusat badai telah bergeser ke utara. Peringatan badai kategori 8 masih berlaku. Sekitar 400 penerbangan dibatalkan pada hari Minggu. Sebagian besar penerbangan akan dimulai kembali hari Senin (23/9/2013) ini begitu cuaca membaik.

Usagi melanda pesisir timur dan selatan Taiwan pada hari Sabtu setelah menerjang pulau-pulau utara Filipina, yang menyebabkan hubungan komunikasi dan aliran listrik terputus, serta memicu tanah longsor. Paling sedikit dua orang dilaporkan tewas di Filipina.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.