Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

"Exit Poll" Pemilu Jerman, Merkel Bakal Kembali Berkuasa

Kompas.com - 23/09/2013, 04:20 WIB
Palupi Annisa Auliani

Penulis

Sumber CNN.com,AP
BERLIN, KOMPAS.com — Koalisi partai konservatif yang mengusung Kanselir Jerman Angela Merkel dalam pemilu, Minggu (22/9/2013), diperkirakan bakal mendapatkan suara mayoritas untuk kursi parlemen.

Polling terakhir mendapatkan koalisi pendukung Merkel, Uni Demokratik Kristen (CDU) dan Uni Sosial Kristen (CSU), menang tipis dari rivalnya dengan perolehan suara 42,2 persen berbanding 41,7 persen. Exit poll tersebut digarap Jerman Forsa Institute dan disiarkan di televisi Jerman, RTL

Merkel memenangi pemilu ketiganya ini atau tidak, hasil pemilu Jerman akan menjadi semacam alat validasi atas kebijakan dan kepemimpinan Merkel. Meski mendapat banyak kritik keras karena kebijakannya menahan bantuan dana talangan untuk negara-negara Eropa yang terempas krisis. Merkel adalah pemimpin yang "membimbing" Jerman melewati badai krisis keuangan global 2008 dan krisis utang zona euro.

"Ini adalah hasil yang super," kata Merkel dalam pidato kepada para pendukungnya di markas CDU, yang disiarkan televisi. Meski demikian, hasil jajak pendapat tersebut memperkirakan Merkel tak akan mendapatkan suara "mayoritas super", yaitu suara mayoritas dengan capaian minimal 50 persen plus satu suara.

"Masih terlalu dini untuk mengatakan bagaimana kita akan melanjutkan (pemerintahan)," lanjut Merkel. "Tapi, hari ini patut kita rayakan," kata dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber CNN.com,AP
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com