Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Penembakan di Mal di Kenya, 59 Tewas

Kompas.com - 22/09/2013, 20:45 WIB
Setidaknya 59 orang tewas dan 175 terluka dalam serangan hari Sabtu (21/9/2013) di pusat perbelanjaan mewah di Nairobi, Kenya. Demikian dikonfirmasi pemerintah setempat.

Joe Lenku mengatakan, sebanyak 1.000 orang berhasil melarikan diri dari mal Westgate setelah sekelompok orang bersenjata yang diduga sebagai militan al-Shabab menyerang.

Belum diketahui seberapa banyak warga sipil yang masih ada di dalam gedung—apakah sebagai sandera atau bersembunyi dari penyerang. Pasukan keamanan masih mencoba menangkap militan dan baku tembak terdengar dari luar.

Ada beberapa laporan yang menyatakan bahwa kelompok bersenjata kini membuat barikade di sebuah supermarket.

Presiden Kenya, Uhuru Kenyatta, sebelumnya berjanji untuk "memburu pelaku kejahatan ke mana pun mereka lari".

Al-Shabab mengatakan kepada BBC bahwa mereka yang melakukan serangan sebagai respons operasi militer Kenya di Somalia.

Operasi besar

Ada sekitar 4.000 pasukan Kenya yang dikirim ke bagian selatan Somalia, wilayah konflik militan sejak 2011. Para pejabat Kenya mengatakan "operasi besar" sedang dijalankan bersama polisi dan tentara untuk mempersiapkan upaya nyata mengakhiri kebuntuan.

Mereka mengatakan, pasukan keamanan akhirnya "menembaki" orang-orang bersenjata yang masih hidup. "Pekerjaan itu terus dilakukan, tetapi Anda tidak bisa terburu-buru," kata seorang perwira tentara kepada kantor berita AFP. "Tim kami di sana, kami mengamati dan memantau, kami akan menyelesaikan ini secepat kami bisa."

Al-Shabab telah mengklaim setidaknya ada 36 sandera. Namun, jumlah ini tidak dapat secara independen dikonfirmasi dan ada juga kemungkinan orang-orang bersembunyi dari para penyerang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com