Kompas.com - 22/09/2013, 20:45 WIB
EditorEgidius Patnistik
Setidaknya 59 orang tewas dan 175 terluka dalam serangan hari Sabtu (21/9/2013) di pusat perbelanjaan mewah di Nairobi, Kenya. Demikian dikonfirmasi pemerintah setempat.

Joe Lenku mengatakan, sebanyak 1.000 orang berhasil melarikan diri dari mal Westgate setelah sekelompok orang bersenjata yang diduga sebagai militan al-Shabab menyerang.

Belum diketahui seberapa banyak warga sipil yang masih ada di dalam gedung—apakah sebagai sandera atau bersembunyi dari penyerang. Pasukan keamanan masih mencoba menangkap militan dan baku tembak terdengar dari luar.

Ada beberapa laporan yang menyatakan bahwa kelompok bersenjata kini membuat barikade di sebuah supermarket.

Presiden Kenya, Uhuru Kenyatta, sebelumnya berjanji untuk "memburu pelaku kejahatan ke mana pun mereka lari".

Al-Shabab mengatakan kepada BBC bahwa mereka yang melakukan serangan sebagai respons operasi militer Kenya di Somalia.

Operasi besar

Ada sekitar 4.000 pasukan Kenya yang dikirim ke bagian selatan Somalia, wilayah konflik militan sejak 2011. Para pejabat Kenya mengatakan "operasi besar" sedang dijalankan bersama polisi dan tentara untuk mempersiapkan upaya nyata mengakhiri kebuntuan.

Mereka mengatakan, pasukan keamanan akhirnya "menembaki" orang-orang bersenjata yang masih hidup. "Pekerjaan itu terus dilakukan, tetapi Anda tidak bisa terburu-buru," kata seorang perwira tentara kepada kantor berita AFP. "Tim kami di sana, kami mengamati dan memantau, kami akan menyelesaikan ini secepat kami bisa."

Al-Shabab telah mengklaim setidaknya ada 36 sandera. Namun, jumlah ini tidak dapat secara independen dikonfirmasi dan ada juga kemungkinan orang-orang bersembunyi dari para penyerang.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan Video Lainnya >

Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.