Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Militer Kenya Mulai Kepung Pusat Perbelanjaan

Kompas.com - 22/09/2013, 13:11 WIB

NAIROBI, KOMPAS.com — Tentara Kenya mengepung pusat perbelanjaan yang menjadi sasaran penyerangan oleh teroris pada Minggu (22/9/2013) pagi ini dalam rangka meneruskan penghentian aksi penyerangan tersebut.

Langkah itu diambil setelah 20 jam kompleks perbelanjaan Westgate Nairobi diserang oleh teroris yang masih terkait dengan jaringan militan Al Shabab. Sejauh ini dilaporkan 39 orang tewas dan 150 orang lainnya tersandera di dalam gedung akibat penyerangan itu.

Petugas keamanan menyebutkan bahwa mereka masih melakukan upaya untuk memberantas para teroris bersenjata itu.

“Kami terus menekan kawanan bersenjata, tetapi saat ini masih dalam kondisi tenang. Seluruh energi kami curahkan untuk menghentikan masalah ini," ujar salah satu pejabat militer Kenya.

Tentara dalam jumlah yang besar mengenakan helm dan jaket antipeluru, dan beberapa di antaranya membawa granat.

Menteri Dalam Negeri Kenya mengatakan, lantai atas dari kompleks perbelanjaan itu telah dikuasai militer, dan para kelompok bersenjata telah diisolasi. Pemerintah Kenya menyatakan, hingga saat ini sandera yang masih tertahan belum diketahui jumlahnya.

Kelompok sebelumnya mengungkapkan, aksi yang dilancarkan di pusat perbelanjaan yang dimiliki warga Israel itu untuk membalas intervensi militer di Somalia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Sumber
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com