Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Beri Nama Jenderal Al-Sisi untuk Keledainya, Petani Mesir Ditangkap

Kompas.com - 22/09/2013, 09:14 WIB
KAIRO, KOMPAS.com — Kabar dari Mesir ini tampaknya berusaha mengingatkan agar seseorang berhati-hati mengungkapkan ketidaksukaannya terhadap seseorang, terutama jika orang tersebut adalah penguasa.

Seorang petani di Mesir ditangkap aparat kepolisian setelah dianggap menghina panglima angkatan bersenjata Mesir, Jenderal Abdel Fattah al-Sisi.

Omar Abu al-Magd Ali al-Saghir (31) ditahan Jumat lalu di Provinsi Qana, di wilayah tengah Mesir. Kesalahan Omar Abu adalah menggunakan nama Jenderal Al-Sisi untuk nama keledainya. Tak berhenti di situ, Omar Abu juga memakaikan topi militer di kepala hewan itu.

Kantor berita MENA, Sabtu (21/9/2013), mengabarkan, Omar Abu ditangkap polisi saat tengah menunggangi keledainya itu di desa kediamannya.

Polisi menganggap kombinasi nama Al-Sisi, memakaikan topi militer, dan menunggangi keledai itu sebagai sebuah penghinaan langsung terhadap Jenderal Al-Sisi dan angkatan darat Mesir.

Jenderal Abdel Fatah al-Sisi memimpin angkatan darat menggulingkan Muhammad Mursi dari kursi kepresidenan pada 3 Juli lalu.

Kini Al-Sisi menduduki tiga jabatan sekaligus, yaitu wakil perdana menteri, menteri pertahanan, dan panglima angkatan bersenjata.

Al-Sisi sangat populer di kalangan masyarakat yang menentang Muhammad Mursi. Foto Al-Sisi mudah ditemui terpasang di kaca jendela toko, di dalam mobil, dan di berbagai bangunan di negeri terpadat penduduknya di Timur Tengah itu.

Namun, di kalangan masyarakat yang mendukung Muhammad Mursi, nama Al-Sisi dan angkatan darat sangat dibenci.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com