Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Polisi Pakistan Gulung Kelompok Penculik Facebook

Kompas.com - 22/09/2013, 00:36 WIB
LAHORE, KOMPAS.com - Aparat keamanan Pakistan, Sabtu (21/9/2013), menangkap kelompok penculik yang menggunakan seorang perempuan untuk membujuk rayu korbannya lewat jejaring sosial Facebook.

Modus kelompok ini adalah menggunakan anggota perempuannya untuk berkenalan dengan calon korbannya lewat Facebook.

Setelah hubungan semakin dekat maka perempuan itu akan merayu calon korban lewat telepon dan akhirnya korban diculik untuk ditukar dengan uang tebusan.

Kelompok penculik ini, terdiriatas seorang pengacara, istri pengacara,  seorang putra polisi dan empat orang lainnya. Mereka beroperasi di kota industri Gujranwala, provinis Punjab.

Polisi berhasil membongkar jaringan penculik ini setelah berulang kali melacak panggilan telepon yang digunakan anggota perempuan kelompok itu.

"Sejauh ini, kami bisa memasytikan dia orang pemuda terjebak bujuk rayu perempuan itu dan kemudian diculik. Keluarga kedua pemuda itu kemudian memberikan tebusan jutaan rupee," kata Shoaib Khurram, seorang perwira polisi setempat.

Bulan lalu, polisi Pakistan menggrebek praktik telepon seks yang sejumlah perusahaan telepon seluler.

Pada 2010, Pakistan sempat menutup akses ke Facebook selama dua pekan terkait penghinaan agama dan kini pemerintah Pakistan masih melarang sejumlah tautan internet.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com