Kompas.com - 21/09/2013, 16:58 WIB
|
EditorJosephus Primus
KOMPAS.com — Meski sejoli badai Manuel dan Ingrid makin melemah hari ini, keduanya sudah menyapu bersih kawasan gunung dan pantai Meksiko. Bahkan, di kawasan gunung, empasan dua badai itu membuat tanah longsor.

Menurut warta AP pada Sabtu (21/9/2013), Manuel yang menjadi angin puyuh dan hujan lebat seharian pada dua hari silam menyapu Negara Bagian Sinaloa di utara Meksiko. Akibatnya, 100.000 orang langsung kehilangan tempat tinggal. "Para korban berasal dari 90 komunitas," kata Gubernur Sinaloa Mario Lopez Valdez.

Lalu, Ingrid juga berhasil meluluhlantakkan 50 kawasan di Negara Bagian San Luis Potosi, tengah Meksiko. Belum ada catatan jumlah korban yang harus mengungsi dari negara bagian tersebut.

Tewas

Tak cuma itu, tiupan angin amat kencang bersama hujan deras semalaman membuat longsor di La Pintada. Kawasan ini adalah desa di gunung Negara Bagian Guerrero. Tercatat hingga kemarin, 68 warga hilang tertimbun longsor. "Besar kemungkinan, mereka semua tewas," kata pernyataan Badan SAR Nasional Meksiko.

Hingga berita ini diunggah, petugas penyelamat masih menggali longsoran tanah untuk mencari korban hidup. Pencarian itu juga mendapat bantuan tiga helikopter untuk mempercepat evakuasi.

Sementara itu, Pusat Nasional Badai AS dalam prediksinya mengatakan warga Meksiko harus tetap waspada. "Walau kekuatan kedua badai melemah, cuaca buruk masih akan terus terjadi tiga hari ke depan," kata lembaga itu.

Duet Manuel dan Ingrid bahkan mampu membatalkan rencana Presiden Meksiko Enrique Pena Nieto bertolak ke New York pekan depan. "Presiden tetap tinggal untuk fokus menolong rakyat yang menjadi korban," kata pernyataan istana kepresidenan.  

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.