Kompas.com - 20/09/2013, 21:52 WIB
EditorErvan Hardoko
DEN HAAG, KOMPAS.com - Organisasi pengawas senjata kimia internasional mengatakan telah menerima rincian program dan persenjataan kimia Suriah yang akan segera dimusnahkan.

"Deklarasi rincian program dan senjata kimia yang dikirim pemerintah Suriah sedang diperiksa divisi verifikasi kami," kata juru bicara OPCW Michael Luhan.

OPCW kini tengah mencari cara tercepat untuk mengamankan dan menghancurkan persenjataan kimia Suriah yang terdiri atas gas beracun dan gas saraf termasuk fasilitas pembuat persenjataan kimia itu.

Namun, upaya diplomatik untuk mempercepat proses penghancuran itu justru berjalan lamban.

Sebuah pertemuan 41 negara anggota dewan eksekutif OPCW yang seharusnya digelar pada Minggu (22/9/2013) untuk membahas rencana penghancuran senjata kimia ini, justru kembali ditunda.

Sejauh ini belum disampaikan jadwal baru pertemuan dewan eksekutif OPCW yang seharusnya membicarakan kesepakatan soal senjata kimia yang dicapai AS dan Rusia di Geneva, Swiss.

Di bawah kesepakatan kedua negara besar itu, tim pengawas senjata kimia akan berada di Suriah pada November mendatang.

Selama bulan itu, mereka akan melengkapi penilaian awal dan semua persiapan untuk menghancurkan persenjataan kimia Suriah.

Semua komponen senjata kimia akan terlebih dulu dipindahkan dari Suriah atau dipindahkan pertengahan 2014.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.